• About
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

MATSAMUKA

  • DROPDOWN MENU
  • About
  • Sitemap
  • Labels
    • Bisnis Online
    • Media Sosial
    • Ragam
    • Software
    • Blogging
  • Blog Bisnis
  • Links
    • Download Video
    • Adw Cleaner
    • Malware Byte
Home » Geografi » Inovasi » Instructional » Kreativitas » Kurikulum 2013 » LKPD » LKPD Geografi » LKS Geografi » Media » Pembelajaran » Perangkat Pembelajaran » Portofolio » LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) GEOGRAFI DI KELAS "POJOK"

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) GEOGRAFI DI KELAS "POJOK"

Label: Geografi, Label: Inovasi, Label: Instructional, Label: Kreativitas, Label: Kurikulum 2013, Label: LKPD, Label: LKPD Geografi, Label: LKS Geografi, Label: Media, Label: Pembelajaran, Label: Perangkat Pembelajaran, Label: Portofolio

"Asyik sekali dirimu Pak, kalau mengajar di kelas IPS"
"Emangnya kenapa ya bu?"
"Kalau saya mengajar di kelas pojok sana itu, saya tak sanggup kurasakan, apalagi menghadapi siswa Tayo, Dany, Rany, Rocky, Sincan itu. Ampun deh"
"Terus, kalau tak ada yang mengajar di kelas Pojok itu bagaimana ya bu"
"La, itu dia Pak, saya serahkans aja sama ahlinya. He.he"

Gambar. Siswa Mengerjakan LKS
Percakapan dua guru menghadapi siswa yang memiliki kegiatan luar biasa tanpa diperintah. Siswa IPS akan melakukan kegiatan di luar dugaan, apalagi tindakan yang selalu bergerak secara dinamis dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Pergerakan tanpa henti dan suara yang menggelegar menjadikan kelas selalu riu dan ramai akan tingkah lakuknya. 

Bagi guru IPS mengajar seperti kelas di "Pojok" merupakan sesuatu tantangan yang harus dihadapi dengan berbagai resiko. Tingkat kehadiran yang rendah, kemampuan daya nalar yang lambar, sampai cara berpakaian yang tidak sesuai peraturan sekolah. Dinding setinggi apapun akan bisa dilompati, apalagi kamar mandinya akan selalu mengeluarkan asap dari cela-cela lumban angin saat jam istrahat. Dinding kelas juga penuh dengan stempel sepatu, bahkan kursi dan meja kelas selalu ada yang rusak setiap harinya.

Guru yang masuk kelas IPS biasanya tidak akan bisa langsung menyampaikan materi karena akan selalu melakukan pembimbingan dengan berbagai nasehat. Guru akan masuk mempunyai kompetensi seperti menjadi Ustadz/Ustadzah, Pendeta atau ahli agama. Nasehat selalu dilakukan untuk mengubah pola belajar, perilaku dan penguatan karakter dan sebagainya. Untuk itu, bagi guru peminatan pada implementasi kurikulum 2013 akan mengumpulkan energi yang banyak untuk mengelola kelas sesuai keinginan bersama. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) menjadi acuan untuk dicapai. Metode, pendekatan, strategi, teknik dan berbagai kegiatan lainnya dilakukan agar siswa bisa menjadi pembelajar sejati. 

Kesabaran dan ketekunan akan bisa mengubah siswa IPS untuk lebih cepat memahami materi sesuai KI/KD yang ada. Pada mata pelajaran geografi, mengajarnya melakukan perlakukan khusus agar apa yang diinginkan tercapai. Beberapa tahapan dilakukan sehingga guru harus kreatif dalam pembelajarannya. Diantara yang dilakukan ialah dengan menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) atau Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) agar unsur-unsur pada implementasi kurikulum 2013 akan tercapai. Beberapa contoh LKS Geografi yang dapat dikembangkan lagi bagi guru-guru yang akan mengunduh dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelasnya.

LKS Pengetahuan Dasar Peta dan Pemetaan
LKS Posisi Strategis sebagai Poros Maritim Dunia
LKS Persebaran Flora dan Fauna
LKS Rasio Jenis Kelamin
LKS Wilayah dan Tata Ruang

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Entri Populer

  • Soal Geografi Materi Biosfer
    1. Fauna wilayah Indonesia Bagian Barat termasuk fauna tipe.... A. Australis B. Panama C. Ethiopian D. Oriental E. Paleartik 2. Di daratan A...
  • Bentuk-bentuk Morfologi Dasar Laut
    Bentuk dasar laut tak ubahnya seperti bentukan yang ditemukan di darat, seperti dataran rendah dan tinggi, pegunungan, lembah, dan sebagainy...
  • SOAL HOTS GEOGRAFI
    Pembelajaran harus HOTS, soal wajib HOTS dan semuanya terkait HOTS. Guru dan siswa jadi bingung. Sebenarnya, apa, bagaimana, dan manfaat HOT...
  • SMAN 15 MEDAN JUARA OLIMPIADE GEOGRAFI UNIMED TINGKAT SUMUT-ACEH TAHUN 2016
    Bersyukur kepada Allah SWT karena kebahagian siswa/i yang tergabung pada tim Olimpiade Sains SMA Negeri 15 Medan (OS 15) Bidang Geografi sa...
  • Konsep Wilayah, Perwilayahan, dan Teori Pertumbuhan
    A. Pengertian Wilayah Wilayah atau sering disebut region adalah unit geografis yg memiliki kriteria, batasan dan individualitas tertentu....
  • Kecepatan angin
    Atmosfer ikut berotasi dengan bumi. Molekul-molekul udara mempunyai kecepatan gerak ke arah timur, sesuai dengan arah rotasi bumi. Kecepatan...
  • Persebaran Flora di Indonesia
    Mungkin diantara kita masih belum mendapatkan gambaran -seperti apa sih persebaran flora di Indonesia?-. Seorang ahli biologi asal Belanda –...
  • Penyebab Kerusakan Tanah
    Kerusakan tanah dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut: Perusakan hutan Akibat hutan yang rusak dapat mengurangi da...
  • Memperbesar dan Memperkecil Peta
    Selain mencari cara menghitung skala peta, biasanya kita juga diminta untuk memperbesar maupun memperkecil suatu peta. Gambaran pada peta bi...
  • Contoh perhitungan Tipe iklim Schmidt – Fergusson
    Dari data tersebut, tercatat bulan kering (< 60 mm) berjumlah 11 dan bulan basah (> 100 mm) atau berjumlah 15, sedangkan untuk jumlah ...

Arsip Blog

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Memuat...

Memuat...

Memuat...

Memuat...
Copyright 2014 MATSAMUKA. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Original Theme by Mas Sugeng. Powered by Blogger