Perubahan tidak akan pernah usai
Ide dan kreativitas terus mengikuti generasi pada zamannya
Setiap permasalahan perlu solusi dan penyelesaiannya
Dengan bersilaturahim, kepedulian dan berbagi antar generasi di setiap wilayah
Menghasilkan berbagai aksi nyata di kelas-kelas sekolah
Guru Geografi berkolaborasi tampil apa adanya
Menulis secara bergotong royong buku inspirasi untuk dibaca
Mengoptimalkan eneri, berfikir, bertindak dan berjiwa mulia
Inovasi pembelajaran terus ditumbuhkan dan dikembangkan di kelas-kelasnya
Membagi kisa geoinovasi, uji kompetensi, strategi & model, media pembedanya
Untuk bersinergi bersama Indonesia Raya
di KELAS MILENIAL GEOGRAFI Indonesia
(Sinopsis Buku Kelas Milenial Geografi)
Kolaborasi dan bersinerginya 25 guru geografi se Indonesia ikut berpartisipasi pada buku Kelas Milenial Geografi. Guru-guru yang terlibat berlatar belakang geografi yang mengajar IPS di SMP/SMA/MA. Berbagai ide, kreativitas, imajinasi muncul dan kemudian dituliskan dengan redaksi penulis sendiri yang begitu beragam sehingga memperkaya keilmuan guru geografi di Indonesia. Guru-guru dengan dedikasi, loyalitas, kreativitasnya tak ingat waktu untuk terus melakukan yang terbaik. Hari-hari di sekolah ataupun di rumah terus mengasah kemampuannya untuk berfikir dan melakukan sesuatu yang bermakna. Belajar dari berbagai referensi, eksperimen mini diberbagai simulasi, otak-atik bahan dan alat untuk menciptakan media yang akan ditampilkan pada pembelajarannya. Permainan kereta api yang begitu unik, menyenangkan dan dilakukan diluar kelas. Intruksi dengan pluit seperti halnya peristiwa yang terjadi di stasiun kereta api. Siswa berjejer untuk menjawab berbagai pertanyaan secara bergantian. Keseruan, kelucuan, keriangan, keheboan dan mudah diingat dimemori otak apa yang dilakukannya tentang materi yang diajarkannya. Pembelajaran kelas milenial itu dilakukan oleh Ibu Risnani dari SMAN 1 Torjun untuk meningkatkan minat siswa belajar geografi. Bahwa geografi itu menyenangkan untuk dipelajari. Ibu Citra Dewy seorang guru dari SMAN 1 Payakumbuh yang terinspirasi dari permainan kartu monopoli untuk diterapkan dalam pembelajaran. Membuat berbagai potongan kartu dari kerta dan disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan permainan menarik karena dikaitkan dengan materi geografi. Ide-ide yang sederhana dan dapat dibuat medianya dengan murah sehingga efektif untuk diterapkan di kelas bagi siswa milenial. Siswa yang memahami permainan monopoli akan langsung mengerti cara bermainnya. Ini mudah diserap segala materinya karena mengintegrasikan permainan dengan materi.
Pernahkan bermain Darts Shooter di rumah atau di lokasi umum. Mengadopsi permainan itu, Bapak Musliadi dari SMAN 1 Mutiara menerapkan pada kelas yang diajarnya untuk materi struktur kota. Dengan media yang disajikan di dinding, maka permainan dimulai dengan anak busur kecil dimainkan. Siswa melakukannya dengan senang sekali karena dilakukan dengan suasana kebersamaan dan pembimbingan melalui berbagai pertanyaan dan diskusi. Banyak alumni bercerita bahwa pembelajaran yang dilakukan Bapak Musliadi selalu teringat karena pengalaman itu melekat. Ditambah lagi gaya berbicaranya yang banyak disukai oleh siswa. Teknologi yang terus berkembang dapat dimanfaatkan pada smartphone menerapkan aplikasi untuk pemetaan. Inovasi dan kemauan dijadikan satu sehingga kelas-kelas yang selama ini hanya menggunakan smartphone untuk bermain digunakan untuk belajar. Aplikasi yang digunakan begitu sederhana sehingga kebermanfaatan dirasakan langsung oleh siswa saat setelah usai pembelajaran. Itulah aplikasi GPS Esensial yang tuliskan oleh Dimas Bayu Perdana Putra dan Iswahyudiharto.
Ibu Loide Simanullang berasal dari Medan menyusun lirik yang menarik untuk dinyanyikan di kelas. Bersama siswanya, bernyanyi untuk mengenalkan pulau-pulau kecil, terluar, terdepan, terjauh, tertinggal yang merupakan bagian dari NKRI. Beryanyi bersama menguatkan nilai nasionalisme karena akan meningkatan pengetahuan dan kedasaran tentang kayanya Indonesia dengan segala potensinya. Seorang guru berprestasi di tingkat nasional melakukan yang sederhana namun penuh makna dan kreativitas. Bersama siswanya membuat miniatur/protipe sebuah lempeng dan bentukan-bentukan hasil tenaga endogen. Ketekunannya membuahkan hasil dan menjadi inspirasi siswa untuk melakukan yang terbaik. Pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan psikomotorik, imajinatif menjadikan siswa termotivasi untuk terus berimajinasi, mengeluarkan ide-idenya untuk berkarya dengan perlatan dan perlengkapan terbatas. Hasilnya luar biasa untuk diterapkan di kelas-kelas geografi lainnya.
Itulah beberapa deretan potongan tulisan yang ada di buku Kelas Milenial Geografi. Dari buku KMG maka kita akan menemukan 4 bagian yaitu:
- Geoinovasi, dengan 4 guru yang berpartisipasi mengkaji tentang inovasi pembelajaran geografi yang melibatkan faktor lain, jiwa, teknologi;
- Uji Kompetensi, dengan 3 penulis yang kreatif mengelola metode penilaian yang terintegrasi dalam permainan pada pembelajaran;
- Strategi & Model, tulisan 9 guru yang menerapan berbagai strategi dan model pembelajaran hasil kreativitas dan modifikasi yang dilakukan untuk mengefektifkan proses pembelajaran;
- Media, kreativitas 9 guru mengelola dan mengkreasikan media yang unik, sederhana, murah dan melibatkan partisipasi siswa ikut serta melakukan implementasi pembelajaran bahkan dalam pembuatan medianya.
Kelas Milenial Geografi yang diartikan sebagai inovasi yang telah diterapkan pada pembelajaran-pembelajaran guru geografi tentang penemuan, pengembangan, modifikasi berbagai strategi, model, metode, media pembelajaran. Kreativitas berbagai dari materi dan kompetensi inti/kompetensi dasar (KI/KD) sebagai bentuk dedikasi guru untuk menciptakan kelas yang sesuai dengan perkembangan siswa saat ini. Siswa yang hidup tumbuh dan berkembang pada masa milenial menghadapi tantangan dan berbagai perubahan yang begitu cepat sehingga dibutuhkan penyesuaian guru-guru geografi menghadapi tantangan yang harus dihadapi. Secara bijak dengan menyesuaikan dan menciptakan kelas milenial pada mata pelajaran geografi sebagai bagian dari menjaga eksistensi geografi itu sendiri. Geografi harus tetap ada dan berkembang sesuai masanya. Guru-guru yang menyukai dunia kreativitas dan menulis harus berperan menjaga keberadaanya sehingga setiap perubahan kurikulum selalu dianggap penting bagi setiap perubahan itu sendiri. Begitu pula, mata pelajaran geogafi memberikan kontribusi terhadap perencaan dan tindakan terhadap generasi milenial ini untuk memperoleh kecakapan hidup yang lebih bermanfaat dan bermakna.
Buku karya bersama (bukabe) sebagai hasil kolaborasi dalam program gugel (guru geografi menulis). Ini sebagai karya ke 2 setelah sebelumnya sudah diterbitkan. Gugel 1 dengan judul Mutiara Khatulistiwa: Kisah Inspiratif Guru Geografi se Indonesia yang diterbitkan oleh Ae Publishing Malang di Bulan Mei Tahun 2018. Buku kelanjutan dari gugel 1 sedikit berbeda dalam isi dan kontributornya. Kisah-kisah guru-guru geografi kreatif ini jangan sampai berhenti pada guru tersebut saja namun harus disebarkan kepada guru-guru geografi lainnya. Guru harus terus berkarya sehingga akan tetap bertahan dan mampu bersaing dimanapun berada. Menyebarkan "virus" positif kepada guru geografi yang ingin menulis dan ikut melibatkan diri sehingga ide dan inspirasinya dapat dibagi. Kepedulian sesama guru geografi terus dikembangkan seperti bintang-bintang yang bertaburan di angkasa. Indahnya guru menerapkan ide-idenya pada pembelajaran kepada siswanya seperti sungai yang mengalir tanpa henti. Terus mengalir sampai kemuaranya. Keberhasilan pembelajaran dengan indikator pencapaian tujuan pembelajaran yang dituliskan. Menyenangkan, bermakna, kebersamaan, kepedulian dan kolaborasi dibangkitkan sehingga pembentukan karakter siswa berkembang.
Bakat dan minatnya siswa teraktualisasi pada karya yang dihasilkan. Menantikan kehadiran guru selalu dinantikan setiap waktunya. Kebersamaan tidak akan hilang dan selalu melekat. Seperti kebersamaan antara pelangi yang menyatu dengan atmosfer setelah hujan rendah akibat pembiasan. Keindahan itu terjadi secara alami.Kelas-kelas yang ada mata pelajaran geografinya akan selalu hadir guru-guru geografi milenial. Milenial yang disesuaikan dengan perkembangan zaman sesuai generasinya. Pengalaman dan kisah di buku akan menjadi berbagai rujukan, kajian, referensi bagi calon guru, guru dan dosen untuk menerapkannya di kelas-kelas lainnya. Semua ide dan inspirasi yang ditularkan guru geografi Indonesia menjadi bukti bahwa geografi itu masih ada dan bermanfaat untuk kemajuan untuk negeri ini. Geografi sejak dulu sudah berliterasi dengan mencatat semua perjalanan yang dilakukan oleh pendahulunya. Apakah literasi akan hilang dari geografi. Bahwa literasi tidak akan hilang dari geografi dan literasi akan menguatkan keberadaan geografi itu sendiri. Geografi menjadi bagian penting dari gerakan literasi dan berliterasi akan menjadikan guru georafi Indonesia semakin maju dan mampu bertahan dan bersaing dengan perubahan zaman.
“Berliterasilah Guru Geografi Indonesia di Kelas Milenial”
KELAS MILENIAL GEOGRAFI
Ketebalan xx + 234;
Ukuran 14 x 21 cm
ISBN: 9786025150296Penerbit One Peach Media Jakarta
Info buku: 085763642244