• About
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

MATSAMUKA

  • DROPDOWN MENU
  • About
  • Sitemap
  • Labels
    • Bisnis Online
    • Media Sosial
    • Ragam
    • Software
    • Blogging
  • Blog Bisnis
  • Links
    • Download Video
    • Adw Cleaner
    • Malware Byte
Home » Geografi » Harianku » Hasil Remedial » SMA Harapan 1 Medan » SMA Negeri 15 Medan » Siswaku Banyak Yang Remedial ?

Siswaku Banyak Yang Remedial ?

Label: Geografi, Label: Harianku, Label: Hasil Remedial, Label: SMA Harapan 1 Medan, Label: SMA Negeri 15 Medan

Untuk menjadi guru profesional haruslah kreatif dalam memilih alternatif dalam metode, strategi, dan model pembelajaran yang digunakan. Untuk Mata Pelajaran Geografi di sekolah banyak siswa khususnya kelas X di semester genap pada Ulangan Harian I sesuai KD 2.1 yaitu Menganalisis Fenomena Litosfer dan Pedosfer dan pengaruhnya bagi kehidupan di permukaan bumi tidak banyak yang lulus.

Dari beberapa analisa yang ada dari pengalaman siswa sebelumnya menunjukan bahwa:
Pertama: Kompleksitas materi ini sangat sulit karena berhubungan dengan unsur geologi dan pedologi. Siswa kurang memahami materi ini karena istilah-istilah yang digunakan banyak sekali, namun banyak materi ini sebenarnya menarik untuk dipelajari. Misalnya tentang struktur lapisan bumi, batuan, tenaga endogen (tektonik, vulkanik, gempa bumi), tenaga eksogen (pelapukan, erosi, sedimentasi, masswasting) serta mempelajari tentang tanah. Bahwa materi ini banyak ditemukan dirasakan oleh siswa namun untuk secara konsep dan istilah banyak siswa yang tidak memahami.

Kedua, Intake siswa yang memang lemah karena siswa yang masuk di sekolah ini tidak begitu ketat untuk mendaftar masuk sekolah. Jadi persaingan tidak begitu ketat seperti sekolah lainnya sejenis dengan berbagai tes dan kegiatan pembinaan yang baik. Selain itu motivasi siswa untuk belajar geografi dipengaruhi dari kondisi sekolah dimana siswa bersekolah. Karena faktor guru dan lainnya, maka siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar geografi walau ada sebagian yang termotivasi. Tapi bagaimana pun harus ada pembenahan dalam menerima siswa agar sekolah menjadi berkualitas

Ketiga, Daya Dukung dari sarana yang ada juga minim terutama bahan praktik atau media pembelajaran yang disediakan sekolah. Oleh karena itu guru harus mencari dan membiayai media yang akan diajarkan. Sekolah lebih memfokuskan pada mata pelajaran eksakta dan penjaskes yang lebih lengkap untuk media dan sarana prasarana yang disediakan. 

Keempat, Waktu Pembelajaran hanya 1 jam/les dibandingkan pelajaran yang lain misalnyanya Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, Bahasa Inggris, Ekonomi yang ditambah pelajarannya.  Sehingga waktu yang tersedia tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dengan beberapa metode dan strategi yang diterapkan belum efektif juga karena elemen lain tidak singkron dengan kondisi yang ada.

Melihat kondisi tersebut, guru harus memiliki motivasi, inovasi dalam melakukan pembelajaran namun terkadang mengalami titik jenuh. Faktor lain juga mempengaruhinya. Ketika siswa dikumpulkan di lapangan ternyata paling banyak yang remedial dibandingkan mata pelajaran lainnya. Ini menjadi pertanyaan, apakah siswanya yang kurang termotivasi atau faktor dari dalam siswanya untuk mempelajari geografi atau karena gurunya yang kurang optimal untuk mempelajarinya.

Dari 2 faktor tersebut, ternyata keduanya ada dalam mempengaruhi hasil belajar. Yang menjadi masalah lagi adalah hanya beberapa yang memiliki motivasi untuk memperbaiki nilai dengan remedial atau  pengayaan. Bagaimana ini bisa terjadi. Ketika dipanggil pimpinan, mengapa ini bisa terjadi, apa metode yang diterapkan dan jawaban dikembalikan sama guru bagaimana mengelola kelas dan menerapkan metode tersebut. Semoga bukan guru saja menjadi faktor utama kesalahan, bisa saja faktor lain di luar guru dan siswa. Guru dan siswa harus kerjasama dan faktor luar harus memberikan dukungan. Semoga program remedial yang dilaksanakan guru lebih berarti dan siswa lebih termotivasi bahwa kegagalan tidak mencapai KKM dalam Ulangan Harian menjadi intropeksi diri bahwa KITA BISA DAN UNGGUL !

Remedial lagi remedial lagi    ........................ tidak akan terjadi lagi

0 Response to "Siswaku Banyak Yang Remedial ?"

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Entri Populer

  • Soal Geografi Materi Biosfer
    1. Fauna wilayah Indonesia Bagian Barat termasuk fauna tipe.... A. Australis B. Panama C. Ethiopian D. Oriental E. Paleartik 2. Di daratan A...
  • Bentuk-bentuk Morfologi Dasar Laut
    Bentuk dasar laut tak ubahnya seperti bentukan yang ditemukan di darat, seperti dataran rendah dan tinggi, pegunungan, lembah, dan sebagainy...
  • SOAL HOTS GEOGRAFI
    Pembelajaran harus HOTS, soal wajib HOTS dan semuanya terkait HOTS. Guru dan siswa jadi bingung. Sebenarnya, apa, bagaimana, dan manfaat HOT...
  • Kecepatan angin
    Atmosfer ikut berotasi dengan bumi. Molekul-molekul udara mempunyai kecepatan gerak ke arah timur, sesuai dengan arah rotasi bumi. Kecepatan...
  • SMAN 15 MEDAN JUARA OLIMPIADE GEOGRAFI UNIMED TINGKAT SUMUT-ACEH TAHUN 2016
    Bersyukur kepada Allah SWT karena kebahagian siswa/i yang tergabung pada tim Olimpiade Sains SMA Negeri 15 Medan (OS 15) Bidang Geografi sa...
  • Soal Tentang Garis Kontur, Komponen Inderaja, dan Tahapan Kerja SIG
    1.   Diketahui peta kontur dengan skala 1:20.000.  Pertanyaan : Berapakah kontur interval pada peta tersebut? Apabila ada dua garis kontur y...
  • Persebaran Flora di Indonesia
    Mungkin diantara kita masih belum mendapatkan gambaran -seperti apa sih persebaran flora di Indonesia?-. Seorang ahli biologi asal Belanda –...
  • Industri, Orientasi Lokasi, dan Klasifikasinya
    Pengertian Industri  adalah bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan kerja (bahasa Inggris:  industrious ) dan penggunaan alat-ala...
  • Memperbesar dan Memperkecil Peta
    Selain mencari cara menghitung skala peta, biasanya kita juga diminta untuk memperbesar maupun memperkecil suatu peta. Gambaran pada peta bi...
  • Persebaran Fauna di Dunia
    Wilayah persebaran fauna pertama kali diperkenalkan oleh Sclater (1858) dan kemudian dikembangkan oleh Huxley (1868) dan Wallace (1876). Ada...

Arsip Blog

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Memuat...

Memuat...

Memuat...

Memuat...
Copyright 2014 MATSAMUKA. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Original Theme by Mas Sugeng. Powered by Blogger