• About
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

MATSAMUKA

  • DROPDOWN MENU
  • About
  • Sitemap
  • Labels
    • Bisnis Online
    • Media Sosial
    • Ragam
    • Software
    • Blogging
  • Blog Bisnis
  • Links
    • Download Video
    • Adw Cleaner
    • Malware Byte
Home » Artikel » Harianku » Ide » Materi » Media » Busa Cuci Piring Dijadikan Media Pembelajaran

Busa Cuci Piring Dijadikan Media Pembelajaran

Label: Artikel, Label: Harianku, Label: Ide, Label: Materi, Label: Media

Memasuki pertemuan ketiga di semester II (genap) TP. 2012/2013, maka guru harus dituntut untuk berfikir kreatif dan berkarya untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dan benar untuk materi tertentu. Begitu juga, saat untuk materi tektonisme, maka berkaitan dengan patahan dan lipatan. Maka cari ide agar siswa mudah untuk memahami materi tersebut. Media pembelajaran ini dicari karena laptop saat ini tak bisa lagi di hubungkan ke Infocus/Slide Proyektor terhambat VGA yang sudah rusak.

Waktu magrib segera tiba, ketika duduk-duduk beristirahat terfikir bagaimana menyiapkan materi pembelajaran untuk esok hari. Berfikir, cari busa harus keluar rumah dan kardus ada di gudang, sedangkan gabus putih tak mungkin. Maka setelah magrib meluncur ke plaza untuk membeli busa cuci piring. Ternyata banyak pilihan warna dan harganya sekitar Rp. 10.000,- (5 buah) dan ada yang 4 buah dalam 1 bungkus. Busa di beli sekaligus membeli barang kebutuhan rumah tangga lain, seperti sendok, garpu dan pisau. Wau, ini harus dibuat kreatif, bagaimana media ini harus terwujud.

Di hari senin, masuk ke kelas dan menunjukan busa-busa itu didepan  siswa, Siswa langsung bertanya-tanya, itu apa ? untuk apa? mintalah, keren warnanya. Waduh koq diminta, padahal ini kan mau dijadikan media pembelajaran hari ini untuk kelas X. Ini sengaja dilakukan agar siswa bertanya dan penasaran apa yang ada di atas meja guru. Setelah menuliskan di papan tulis tentang tenaga geologi, maka untuk tektonik, saya langsung mengambil busa yang berwarna-warni tersebut. Di bagian atas busa ada warna hijau yang tipis dan warna berbeda setiap busa yang ada. Ada warna merah, biru, kuning, hijau, abu-abu. 


Diambil busa dan dibentuk seperti patahan (horst dan slenk/graben), dan lipatan (antiklinal dan sinklinal). Maka siswa diajak berdiskusi bahwa kerak bumi itu berlapis-lapis seperti busa tadi. Ilustrasikan dulu tentang bagaimana siswa ketika pergi ke Brastagi, maka akan melewati puncak dan lembah Bukit Barisan. Kemudian dijelaskan bagaimana horst itu terjadi dan slenk/graben di bisa terbentuk. Begitu juga dengan lipatan, busa dibentuk dengan berbagai jenis lipatan. Ternyata siswa seletah ditanya tentang materi ini, sebagian banyak yang faham tentang materi ini. Saya meraskan sedikit berbeda pada tahun pelajaran sebelumnya, guru yang lebih aktif dibandingkan siswa. Kegiatan ini siswa lebih aktif karena banyak pertanyaan bagaimana lapisan kerak bumi ini terjadi dan bagaimana Bukit Barisan itu ada. Semua itu diberikan contoh yang lebih mendekati objek. Karena kalau pada mata pelajaran geografi, tak mungkin harus membawa bukit atau kerak bumi ke dalam ruang kelas. Ide ini saya anggap sebagai hal kreatif menyikapi media laptop dan Slide Proyektor tidak berfungsi.

Oleh karena itu, busa cuci piring ini akan memberikan manfaat bagi guru, karena warnanya bervariasi, mudah dibentuk dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Ini lebih efektif dibandingkan media pembelajaran yang sudah jadi. Karena berat untuk dibawa juga harganya terlalu mahal bagi sekolah kami. Walau media ini teradapat kelebihan dan kekurangnya sebagai media pembelajaran, semoga bermanfaat bagi kita semua untuk mencari ide kreatif agar materi geografi mudah untuk difahami.

Terima kasih
Wassalam


0 Response to "Busa Cuci Piring Dijadikan Media Pembelajaran"

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Entri Populer

  • Soal Geografi Materi Biosfer
    1. Fauna wilayah Indonesia Bagian Barat termasuk fauna tipe.... A. Australis B. Panama C. Ethiopian D. Oriental E. Paleartik 2. Di daratan A...
  • Tata Ruang
    Tata ruang atau dalam bahasa Inggrisnya spatial plan adalah wujud struktur ruang dan pola ruang disusun secara nasional, regional dan lokal...
  • SOAL HOTS GEOGRAFI
    Pembelajaran harus HOTS, soal wajib HOTS dan semuanya terkait HOTS. Guru dan siswa jadi bingung. Sebenarnya, apa, bagaimana, dan manfaat HOT...
  • Persebaran Flora di Indonesia
    Mungkin diantara kita masih belum mendapatkan gambaran -seperti apa sih persebaran flora di Indonesia?-. Seorang ahli biologi asal Belanda –...
  • Kecepatan angin
    Atmosfer ikut berotasi dengan bumi. Molekul-molekul udara mempunyai kecepatan gerak ke arah timur, sesuai dengan arah rotasi bumi. Kecepatan...
  • Persebaran Fauna di Dunia
    Wilayah persebaran fauna pertama kali diperkenalkan oleh Sclater (1858) dan kemudian dikembangkan oleh Huxley (1868) dan Wallace (1876). Ada...
  • SMAN 15 MEDAN JUARA OLIMPIADE GEOGRAFI UNIMED TINGKAT SUMUT-ACEH TAHUN 2016
    Bersyukur kepada Allah SWT karena kebahagian siswa/i yang tergabung pada tim Olimpiade Sains SMA Negeri 15 Medan (OS 15) Bidang Geografi sa...
  • Shingeki No Kyojin S2 Episode 12 [END]
    Shingeki No Kyojin S2 Episode 12 [END] Subtitle Indonesia [Attack On Titan] Anime : Shingeki No Kyojin Season : 02 Episode : 12 [END] Subtit...
  • Contoh perhitungan Tipe iklim Schmidt – Fergusson
    Dari data tersebut, tercatat bulan kering (< 60 mm) berjumlah 11 dan bulan basah (> 100 mm) atau berjumlah 15, sedangkan untuk jumlah ...
  • Konsep Wilayah, Perwilayahan, dan Teori Pertumbuhan
    A. Pengertian Wilayah Wilayah atau sering disebut region adalah unit geografis yg memiliki kriteria, batasan dan individualitas tertentu....

Arsip Blog

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Memuat...

Memuat...

Memuat...

Memuat...
Copyright 2014 MATSAMUKA. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Original Theme by Mas Sugeng. Powered by Blogger